Pengiriman Barang Lewat Laut (Sea Freight)

Sea Freight adalah istilah yang digunakan dalam industri transportasi. Sebutan lain yang biasa digunakan adalah Ocean Freight atau Angkutan Laut. Sea Freight adalah salah satu moda transportasi untuk membawa kargo atau barang dari suatu negara ke negara lain dengan menggunakan kapal laut. Pemilihan pengiriman barang menggunakan angkutan laut jika waktu bukan masalah yang dipertimbangkan atau jika ingin mengirim barang dengan berat atau ukuran yang sangat besar dengan biaya yang ekonomis.

Dalam pengiriman melalui laut, barang yang akan dikirim perlu dimasukan ke dalam sebuah peti kemas atau biasa disebut Container. Berikut ini adalah berbagai jenis peti yang biasa digunakan dalam pengiriman menggunakan kapal laut.

  • Full Container Load (FCL)
    • Jika kargo atau barang yang akan dikirim cukup banyak untuk memuat satu peti atau lebih. ada beberapa jenis dan ukuran peti diantaranya adalah peti kemas 20’DC (peti kemas kering dengan panjang 20 kaki), 40’DC (peti kemas kering dengan panjang 40 kaki), 40’HC (peti kemas High Cub dengan panjang 40 kaki), 45’HC (peti kemas kering dengan panjang 45 kaki)
  • Less Container Load (LCL)
    • Adalah jika anda ingin mengirimkan barang dengan jumlah atau ukuran yang kurang untuk memuat satu peti kemas sendiri, maka anda harus mengirim barang tersebut secara LCL. Yang dilakukan adalah anda menggabungkan barang anda dengan barang pihak lain dan memuatnya dalam satu peti kemas dan ketika peti kemas tersebut tiba di tujuan peti kemas tersebut akan dibongkar dan memisahkan barang anda dengan barang pihak lain.